• header
  • banner ppdb
  • PENERIMAAN SISWA

Selamat Datang di Website SD Islam Terpadu Al-Misbah | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SD Islam Terpadu Al-Misbah

NPSN : 20504219

Dusun Sedamar Ds.Talun Kidul Kec.Sumobito Kab.Jombang 61483


info@sditalmishbah.sch.id

TLP : (0321) 490843


          

Banner

Agenda

23 April 2021
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

Statistik


Total Hits : 94661
Pengunjung : 49567
Hari ini : 9
Hits hari ini : 25
Member Online : 0
IP : 18.206.177.17
Proxy : -
Browser : Opera Mini

PROGRAM PIMPINAN SDIT AL MISHBAH

A.     Program Kepala SDIT Al Mishbah

     Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai, edukator dan manajer. Selaku edukator kepala sekolah bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Selaku manajer, kepala sekolah bertugas menyusun perencanaan, mengorganisasikan kegiatan, mengkoordinasikan kegiatan, melaksanakan pengawasan, melakukan evaluasi terhadap kegiatan, menentukan kegiatan, mengadakan rapat, mengambil keputusan, mengatur proses belajar mengajar, mengatur administrasi yang meliputi: ketatausahaan, kesiswaan, kurikulum ketenagaan, sarana prasarana, keuangan/RAPBS, kehumasan, mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.

 

B.     Program Kepala Tata Usaha

     Kepala tata usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggungjawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan, yaitu: penyusunan program kerja tata sekolah, pengelolaan keuangan sekolah, pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa, pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah, penyusunan administrasi perlengkapan sekolah, penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah, mengkoordinasikan dan melakukan 9 K, penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan ketatausahaan secara berkala dan melaksanakan kearsipan dan file serta melaksanakan notulensi rapat-rapat.

 

C.     Program Kurikulum

1.      Kurikulum Islami Sebagai Ciri Khas di SDIT Al Mishbah Sumobito Jombang

            Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Mishbah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mempunyai basic keislaman. Untuk itu pelaksanaan pengajarannya selain mengacu pada kurikulum Kementrian Pendidikan dan Budaya, juga mengacu pada kurikulum Kementrian Agama dan kurikulum ciri khas Al Mishbah.

 

2.      Tujuan dan Kompetensi

SDIT Al Mishbah memasukkan kurikulum kemendikbud dan kemenag mempunyai tujuan agar output yang dihasilkan memiliki kemampuan yang berimbang baik ilmu agama maupun ilmu umum. Hal ini sesuai dengan visi, misi dan tujuan SDIT Al Mishbah Sumobito Jombang.

 

3.      Komposisi Materi dan Bahan Ajar

            Komposisi dan bahan ajar yang ada di SDIT Al Mishbah selain berpedoman pada kurikulum kemendikbud (PAI, PKn, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, Penjasorkes, SBK, B. Jawa, B. Inggris), juga mengacu pada kurikulum Kemenag (B. Arab), dan kurikulum Al Mishbah (Al Qur’an, TIK, ibadah praktis).

            Program yang tidak kalah pentingnya adalah adanya kelas olimpiade yang diwujudkan dalam program ekstra kurikuler. Fasilitas pembelajaran yang dimiliki saat ini adalah laboratorium komputer dan perpustakaan, kit IPA, Matematika dan IPS, LCD di setiap kelas. Untuk menambah wawasan siswa terhadap dunia luar diadakan Education Trip keluar sekolah. Untuk mewadahi kreatifitas siswa dalam berbagai keterampilan dan seni, setiap akhir semester diadakan kegiatan Creativity Room, dimana siswa dapat menampilkan keterampilan yang mereka miliki misalnya: pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, baca puisi, teater, pianika dan banjari.

 

4.      Pengembangan Proses Evaluasi

            Evaluasi kurikulum dari Al Mishbah yaitu: hafalan juz amma, doa sehari-hari, doa sholat, AlQur’an dilaksanakan sebelum ujian semester. Dengan tes tersebut akan diketahui kemampuan hafalan siswa sesuai dengan target kelas dan seberapa besar materi yang diberikan dapat diserap.

 

5.      Pemeliharaan Budaya Islami

            Budaya islami yang ada di SDIT Al Mishbah perlu dikembangkan lebih lanjut. Dengan pengoptimalan sumber daya manusia yang ada dan melalui koordinasi yang baik dengan pihak orang tua. Peran aktif dari para guru dan staf pendidikan sangatlah penting dalam  pengawasan praktik budaya islami di lingkungan sekolah. Misal, guru turut mengawasi perilaku murid agar tidak berucap jorok, kasar, bertengkar, dll. Murid juga diajarkan setiap hari untuk melaksanakan ibadah sunnah: masuk ruangan dan masjid dengan menggunakan kaki kanan, keluar masjid kaki kiri, makan dengan tangan kanan dan duduk, dst.

 

D.     Program Kesiswaan

 

1.      Pengembangan Diri Siswa SDIT Al Mishbah

Program kesiswaan SDIT Al Mishbah Sumobito Jombang tahun 2014/2015 adalah berupaya mengembangkan bakat potensi dan minat yang ada pada diri siswa SDIT Al Mishbah. Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, yaitu menjadi manusia yang mampu menata diri dan menjawab berbagai tantangan baik dari dirinya sendiri maupun dari lingkungannya secara adaptif dan konstruktif baik di lingkungan maupun masyarakat. Pengembangan diri di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Mishbah bersifat pilihan, dalam arti siswa wajib memilih dan mengikuti kegiatan pengembangan diri yang diminatinya.  

Pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan melalui kegiatan (1) Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, seperti: upacara bendera, ibadah khusus keagamaan (daimul wudlu, sholat dluha, baca Al Qur’an setiap hari, sholat berjamaah), pemeliharaan kebersihan, ketertiban (atribut seragam beserta kelengkapannya) dan kesehatan diri; (2) Spontan, adalah kegiatan tidak terjadwal dalam kegiatan khusus seperti: pembentukan perilaku memberi senyum, sapa, salam, membuang sampah pada tempatnya, budaya antri, mengatasi pertengkaran; (3) Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti: berpakaian rapi, berbahasa yang baik (santun), rajin membaca, datang tepat waktu; (4) Terprogram, adalah kegiatan yang dirancang secara khusus dalam kurun waktu tertentu  untuk memenuhi kebutuhan  peserta didik secara individual, kelompok, dan klasikal melalui penyelenggaraan layanan dan kegiatan pendukung konseling, ekstra kurikuler seperti Pramuka, Banjari, Seni Lukis, English Club, Jurnalistik, Pianika, Olimpiade Matematika.

Kegiatan pengembangan diri perlu memperhatikan antara lain: (1) Pengembangan macam-macam kegiatan pengembangan diri memperhatikan minat dan bakat peserta didik, (2) Pengembangan macam-macam kegiatan pengembangan diri mempertimbangkan sumberdaya (SDM dan fasilitas atau sarana/prasarana) yang dimiliki SDIT Al Mishbah, (3) Ada upaya yang jelas untuk penambahan dan peningkatan sumberdaya, guna memfasilitasi kegiatan pengembangan diri, (4) Ada aturan yang jelas tentang macam-macam kegiatan pengembangan diri yang harus dipilih oleh peserta didik, (5) Ada kejelasan model pelaksanaan dan penilaiannya, (6) Pengembangan macam-macam kegiatan pengembangan diri mencerminkan pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah.

Sebagai contoh kegiatan pengembangan diri sebagai berikut:

Ruang lingkup pengembangan diri meliputi:

1.    Keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah Yang Maha Esa

2.    Kesadaran mengikuti aturan

3.    Kesadaran akan kemandirian

4.    Kesadaran untuk bersosialisasi

5.    Kemampuan keterampilan hidup yang dasar

6.    Keterampilan sosial

7.    Keterampilan mengelola perasaan

8.    Keterampilan mengelola agresifitas

9.    Keterampilan memecahkan masalah

Adapun bentuk-bentuk kegiatan pengembangan diri di SDIT Al Mishbah adalah sebagai berikut:

1.      Pelayanan Konseling

Layanan konseling ini akan dilakukan oleh BP atau wali kelas (bila belum ada petugas BP) dalam bentuk pelayanan berupa:

(a)  Masalah kesulitan belajar peserta didik

(b)  Pengembangan peserta didik

(c)  Masalah dalam kehidupan sosial peserta didik

Sasaran dari pelayanan konseling ini adalah semua siswa mulai dari kelas I – VI.

2.      Pramuka

Tujuan dalam pramuka adalah:

(a)  Sebagai wahana bagi peserta didik untuk berlatih berorganisasi

(b)  Melatih peserta didik untuk terampil dan mandiri

Sasaran dari kegiatan pramuka ini adalah kelas I – VI

3.      Al Banjari

Tujuan seni musik banjari adalah:

(a)  Melestarikan budaya islam

(b)  Menumbuhkembangkan sifat cinta terhadap budaya islam

(c)  Sasaran kegiatan  ini adalah kelas II – VI

 

4.      Jurnalistik

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

(a)  Melatih peserta didik di bidang komunikasi

(b)  Melatih peserta didik gemar membaca dan menulis

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas II - VI

5.      Olimpiade Matematika

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

(a)  Mempersiapkan peserta didik untuk menjadi tutor sebaya di kelasnya masing-masing

(b)  Melatih memecahkan masalah yang berat

(c)  Mempersiapkan peserta didik  untuk mengikuti olimpiade yang diadakan pemerintah atau lembaga swasta

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III – VI yang telah lulus tes di bidang matematika dan bahasa Inggris.

6.      English Club

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

(a)  Melatih peserta didik mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan lancar

(b)  Mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti lomba pidato B. Inggris dan jenis lomba dalam bahasa Inggris lainnya.

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III - VI

7.      Pianika

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

(a)  Melatih peserta didik mampu menggunakan alat musik pianika

(b)  Mempersiapkan peserta didik untuk tampil dalam ajang kreatifitas siswa

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas II - VI

8.      Seni Lukis

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

(a)  Melatih peserta didik mampu mengekspresikan diri melalui lukisan

(b)  Mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh pemerintah atau lembaga swasta

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas I – VI (dibagi menjadi dua kelas: kelas pemula dan kelas bakat)

 

2.      Profil Pemetaan Program Tahunan

NO

Program

Bentuk Kegiatan

Sasaran

Waktu Pelaksanaan

Keterangan

1

Pembinaan

a.    Harian

1.   Menyambut kedatangan siswa: senyum, sapa, salam, salaman

2.   Doa bersama & menghafal juz amma

3.   Daimul wudlu

4.   Sholat dluha

5.   Kebersihan lingkungan (9K)

6.   Keamanan sekolah

7.   Piket menyapu

8.   Menyambut kepulangan siswa: senyum, sapa, salam, salaman

9.   Membaca Al Qur’an

Siswa kelas I-VI

 

Siswa kelas I – VI

Siswa kelas IV – VI

Siswa kelas IV - VI

Siswa kelas I – VI

Guru dan siswa

Siswa kelas I – VI

Siswa kelas I – VI

 

Siswa kelas I - VI

06.30 – 06.55

 

06.55 – 07.35

Rutin tiap hari

Rutin tiap hari

07.00 – 15.30

07.00 – 15.30

 

15.30 – 15.40

 

10.50 – 11.50

Di pintu gerbang

 

Di kelas

 

Di rumah/di sekolah

 

 

Setiap pagi & istirahat

Oleh semua guru

 

Senin - Kamis

2

b.   Mingguan

1.   Sholat dluha, baca surat yasin

2.   Mengecek sarana sekolah (bangku, alat kebersihan dan kesehatan/UKS, alat peraga)

3.   Mengecek tanaman toga, peternakan, perkebunan, perikanan

4.   Kebersihan ruang

5.   Ekstrakurikuler :

a.   Banjari

b.   Seni lukis

c.   Pianika

d.   English club

e.   Jurnalistik

f.    Olimiade matematika

g.   Pramuka

6.   Pengembangan diri/Intrakurikuler

a.    Olah Raga:

1.  Atletik

2.  Sepak bola

3.  Tenis meja

4.  Badminton

b.   Pendidikan dan ketrampilan

1.  Komputer

2.  Internet

Siswa kelas I – VI

Kelas, ruang UKS

 

 

Bidang toga,peternakn,

Perkebunan,,perikanan

Kelas, kamr mandi/wc,

UKS,ruag guru, perpus

 

Siswa kelas 1 – VI

 

 

 

 

 

 

 

Siswa kelas III – VI

 

 

 

 

Siswa kelas V - VI

06.55 – 07.35

Setiap Sabtu

 

 

1 minggu sekali

 

 Setiap jum’at 

 

 

Setiap Rabu

09.40 – 10.50

 

 

 

 

 

 

Seminggu sekali

bergantian

 

 

 

 

Setiap Sabtu

Oleh Koord.sarpras

 

 

Oleh Koord.Green &

Clean

Oleh Koord.Green & Clean,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di lab. komputer

3

 

 

 

 

 

Meningkatkan kesholihan siswa

1.   Daimul wudlu , sholat dluha, baca Al Qur’an, jama’ah dluhur dan ashar

2.   Pembinaan dan pengawasan praktik ibadah (wudlu, sholat)

3.   PHBI

 

Siswa kelas I - VI

 

Siswa kelas I – VI

 

Siswa kelas I – VI

 

Rutin setiap hari

 

Rutin setiap hari

 

Tiap hari besar Islam

 

4

 

 

Peningkatan Prestasi Akademik

Pembinaan siswa dalam bidang olimpiade matematika

Siswa kelas III - VI yang sudah diseleksi melalui tes matematika

Rutin setiap hari Rabu dan Sabtu

 

5

Pemilihan bakat minat siswa

Pendataan  siswa sesuai dengan bakat dan minat untuk pengembangan diri

Siswa kelas III – V

Awal tahun pelajaran

 

6

Penerimaan murid baru

Menyeleksi calon murid baru

Calon siswa baru

Pebruari

 

7

Refreshing

Mengisi kegiatan setelah US

-   Rekreasi / tadabur alam

Kelas VI

Setelah US

 

8

Pemilihan murid teladan

Seleksi murid berprestasi

Siswa terbaik peringkat I – III tiap kelas

Juni

 

9

Pelaksanaan program ‘Green and Clean’

1.   Pendidikan berwawasan lingkungan

-   Pembinaan kader murid yang berwawasan lingkungan

-    Pembinaan guru & pegawai tentang wawasan lingkungan

2.    Pelaksanaan Penghijauan Lingkungan Sekolah mengarah ke Adiwiyata

 

Siswa , Guru dan Pegawai

Berkala